Skip to main content

Latihan Computational Thinking


 UJI INFORMATIKA PILIHAN GANDA 5.1

1. Teknik bepikir komputasional adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik          komputer (informatika) adalah ......

A. Computational Thinking

B. Computational Technic

C. Technic Computational

D. Computer Thinking


2. Istilah Pendekatan yang memecah masalah besar dan kompleks menjadi lebih sederhana atau kecil          sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami adalah.....

A. dekomposisi

B. abstraksi

C. pengenalan pola

D. perancangan algoritma


3. Dalam berpikir komputasional, kita dituntut untuk mencari kesamaan masalah, solusi menjadi                sederhana, masalah mudah dipecahkan, pernyataan tersebut termasuk teknik....

A. dekomposisi

B. abstraksi

C. pengenalan pola

D. perancangan algoritma


4. Proses ini merupakan teknik menemukan informasi penting dan informasi yang tidak relevan dan            menjadi kunci dalam berfikir komputasional. Pernyataan tersebut termasuk teknik....

A. dekomposisi

B. abstraksi

C. pengenalan pola

D.perancangan algoritma


5. Proses mengembangkan solusi langkah - langkah yang harus dipenuhi secara berurutan terhadap            permasalahan yang ada disebut....

A. dekomposisi

B. abstraksi

C. pengenalan pola

D. algoritma


6. Berikut yang merupakan proses dekomposisi adalah.......

A. dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda - tanda vital tubuh

B. dokter memberikan resep obat kepada pasien

C. dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita pasien kepada keluarganya

D. dokter menulis hasil pemeriksaannya di catatan rekam medis pasien


7. Tindakan berikut yang tidak dapat dikategorikan sebagai proses pengenalan pola adalah.....

A. pelatih tim bola voli sedang memberi instruksi kepada pemain cadangan

B. tim sepak bola sedang menonton rekaman pertandingan sebelumnya

C. ilmuan sedang memperhatikan reaksi seekor tikus ketika secara tidak sengaja menyentuh pagar yang diberi aliran listrik

D. BMKG sedang merekam gelombang air laut pasca tsunami


8. Berikut yang berhubungan dengan abstraksi adalah...

A. mencari kesamaan bentuk benda

B. memecah atau membagi komponen mobil dalam beberapa bagian

C. menyusun langkah yang efisien

D. fokus pada informasi yang penting


9. Seorang pelatih sepak bola memberikan instruksi kepada ada pemain apa saja yang harus dilakukan        terhadap pemain lawan, kapan saatnya bertahan dan menyerang saat pertandingan. hal tersebut dapat      dikategorikan sebagai proses....

A. dekomposisi

B. pengenalan pola

C. algoritma

D. abstraksi


10. Dokter spesialis penyakit dalam membaca hasil rontgen pasien kemudian membandingkan hasil              rontgen dengan hasil rontgen pasien sebelumnya. tindakan tersebut dapat dikategorikan sebagai              proses... 

A. dekomposisi

B. pengenalan pola

C. algoritma

D. abstarksi


11. Berikut yang tidak dikategorikan sebagai hasil dari proses algoritma adalah....

A. tutorial make up

B. resep makanan

C. lembaran paduan merakit pc

D. resep obat dokter


12. Istilah computational thinking pertamakali dierkenalkan oleh...

A. Seymour Papert

B. Bill Gates

C. Licklider

D. Donlad trump


13. Istilah Computational thinking pertama kali diperkenalkan pada tahun...

A. 1980

B. 1990

C. 2000

D. 2010


14. Dalam pendidikan berpikir komputasional dikenalkan istilah STEM, apakah kepanjangan dari                STEM...

A. science, technology, engineering, dan matematika

B. science, technology, elektronic, dan matematika

C. science, technology, engineering, dan methode

D. schology, technology, engineering, dan methode



UJI INFORMATIKA URAIAN 5.1

1. Jelaskan yang apakah dimaksud dengan beripikir komputasional !

Jawaban : Konsep beripikir yang digunakan untuk menganalisis permasalahan dan menemukan solusi yang inofatif.


2. Jelaskan yang dimaksud dengan dekomposisi !

Jawaban : Dekomposisi adalah pendekatan dengan memecah masalah besar dan kompleks menjadi masalah yang lebih kecil dan lebih sederhana sehingga lebih mudah dikelola dan dipahami, kemudian dicari solusinya.


3. Jelaskan yang dimaksud abstraksi !

Jawaban : Abstraksi adalah teniknik untuk menemukan informasi yang penting dan informasi yang tidak relevan, kemampuan memilah informasi yang kompleks menjadi lebih sederhana atau membuat informasi lebih bersifat general sehingga memudahkan kita untuk menjelaskan suatu ide.


4. Jelaskan yang dimaksud dengan pengenalan pola !

Jawaban : Yang dimaksud dengan pengenalan pola adalah teknik dimana kita  diharuskan mencoba melihat kesamaan pola - pola tersebut. Masalah yang memiliki karakteristik sama memberikan peluang keada kita untuk menggunakan solusi yang sama.


5. Jelaskan yang dimaksud dengan perancangan algoritma ! 

Jawaban : Yang dimaksud dengan perancangan algoritma adalah kemampuan untuk menyusun langkah - langkah penyelesaian masalah. Mengembangkan petunjuk pemecahan masalah yang sama secara step - by - step.
















































Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Bab 1

Menggunakan Jaringan Komputer dan Internet A. Internet Dan Jaringan Komputer Internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Internet dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, sosial, pemerintahan, kesehatan, dan sebagainya 1. mengenal Internet Internet adalah suatu sistem jaringan terinterkoneksi yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protokol TCP/IP. Internet berasalh dari kata interconnected-networking yang artinya jaringan komputer yang saling terkoneksi.  2. Sejarah perkembangan internet   Pada tahun 1957, Uni Sooviet meluncurkan satelit pertama, yaitu sputnik. Hal ini menimbulkan kekhawatiran Amerika Serikat akan terjadinya perang nuklir. Amerika mulai memikirkan dampak yang terjadi jika sebuah kota yang  menjadi tempat komputer pengendali rudal nuklir musuh, serta cara agar tetap dapat mengendalikan senjata nuklir musuh, serta cara agar tetap dapat mengendalikan senjata nuklir jika komputer peng

Latihan soal halaman 126 - 129

  A. Pilihan Ganda 1. Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk menerima input dari pengguna adalah A. persegi panjang B. gambar diamond C. jajar genjang D. lingkaran 2. Dalam flowchart, simbol yang digunakanuntuk menjalankan proses adalah A. persegi panjang B. gambar diamond C. jajar genjang D. lingkaran 3. Peryataan yang tidak benar tentang pseudocode adalah A. salah satu bentuk penulisan algoritma B. tidak mewakili salah satu bahasa pemrograman C. cocok digunakan untuk algortima dalam banyak percabangan D. dituliskan dalam bentuk baris demi baris dengan setiap baris mewakilli satu langkah 4. Variabel digunakan dalam suatu program untuk A. menyimpan nilai yang bersifat dinamis B. menyimpan nilai penting C. menyimpan nilai yang tidak berubah D. menyimpan nilai yang besar 5. Berikut yang tidak benar tentang variabel adalah A. hanya digunakan untuk menyimpan nilai numerik B. dapat menyimpan nilai YES atau NO C. dapat menyimpan nilai yang besar D. dapat digunakan dalam persmaan matema

Hari pertama masuk sekolah

Assalamualaikum nama saya Maheswari Keynar Nimpuna biasa dipanggil Keynar saya dari kelas 8A, saya berasal dari SMP Labschool Jakarta di rawamangun tepatnya di sebelah UNJ. Disini saya akan menceritakan hari pertama masuk sekolah via online dan menjelaskan aplikasi yang saya pakai selama belajar online. Zoom adalah aplikasi untuk mengadakan pertemuan secara online, biasanya sekolah mengadakan pembelajaran melalui zoom. Google classroom adalah aplikasi yang biassanya untuk mengerjakan tugas atau mengumpulkan tugas sekolah. Di hari pertama sekolah online tanggal 13 Juli saya bangun jam 05:30 untuk siap siap sekolah online, sekolahnya dimulai dari jam 6:40 sampai jam 12:00. Saat jam pertama  dimulai ada perkenalan dulu dengan guru wali kelas, setalah perkenalan kita diberi waktu istirahat dari jam 08:25 sampai 09:00. Lalu kita lanjut belajar Bahasa Indonesia gurunya pak Humaedi. Setelah B.Indo kita belajar prakarya sama bu Titin. Dihari pertama sekolah ini sangat seru karena gurunya banya