Skip to main content

Etis Bermedia Sosial

 Dalam menggunakan social media, kita sebagai manusia harus mengedepankan etika agar apapun aktivitas yang kita lakukan dapat bermanfaat bagi orang lain. Etika menjadi hal yang kemudian menjadi pegangan mengenai nilai kebenaran umum.

Melihat kondisi media sosial saat ini, banyak sekali konten negatif, dan ujaran kebencian. Ada baiknya kita harus mempelajari etika saat bersosial media.




Etika saat bermain sosial media 

1. Penggunaan bahasa

dalam beraktivitas di media sosial, hendaknya selalu menggunakan bahasa yang baik dan benar sehingga tidak menimbulkan resiko kesalahpahaman yang tinggi. Dengan mengirimkan konten yang berbahasa yang baik dan benar pun resiko salah paham masih mungkin terjadi. Jika menuliskan sesuatu, upayakan menuliskannnya secara jelas agar setidaknya ketika ada orang lain yang membaca tulisan tersebut dapat memahami apa yang ingin disampaikan. 


2. Menghargai orang lain

sikap menghargai orang laintidak hanya ideal jika ditunjukkan pada saat berkomunikasi secara langsung, namun juga pada media sosial. Menghargai di sini lebih pada konteks tidak mencela atau menghina, namun lebih kepada membuat interaksi yang hangat dengan diskusi informatif dan tidak sekedar bedasarkan dengan pendapat. Dalam konteks media sosial, mungkin untuk menghargai orang lain kita dituntut untuk membaca sebelum berkomentar. Membaca, melihat apa konteks konten yang disampaikan, bagaimana latar belakang si pengunggah konten dan sebagainya.


3. Kontrol pada konten

unggahan yang anda lakukan, wajarnya, dapat dilihat oleh banyak orang. Sangat tidak disarankan untuk mengunggah apapun yang bersifat informasi pribadi, seperti misalnya nomor kartu debit atau kredit, NIK, nomor telepon, alamat rumah, dan berbagai hal personal lain. Hal ini meminimalisir kejadian tidak diinginkan dan menjaga keamanan anda dan orang terdekat.


4. Overposting

Memang menjadi hak setiap pemilik akun media sosial untuk pengunggahan konten pada akunnya, namun bayangkan jika setiap hari anda harus sarapan dengan menu yang sama, tidakkah kamu bosan? Hal yang sama juga berlaku pada unggahan yang anda lakukan. Sebisa mungkin kontrol jumlah unggahan yang anda lakukan sehingga tidak menjadi overposting


5.  Prefrensi bukan plagiasi

Memiliki idenitas dan karakter yang kuat dalam bermedia sosial juga sangat penting dan menjadi satu variabel dalam etika bersosial media. Setiap pemilik akun tentu memiliki pasarnya masing masing, sehingga akan sangat tidaak etis jika anda melakukan plagiasi, baik dari segi nama ataupun jenis konten anda yang anda  unggah karena dapat membuat pemilik akun lain tidak nyaman


Sumber : https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/5_etika_bersocial_media_pahami_dan_terapkan_setiap_poinnya-1053 


Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Bab 1

Menggunakan Jaringan Komputer dan Internet A. Internet Dan Jaringan Komputer Internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Internet dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, sosial, pemerintahan, kesehatan, dan sebagainya 1. mengenal Internet Internet adalah suatu sistem jaringan terinterkoneksi yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protokol TCP/IP. Internet berasalh dari kata interconnected-networking yang artinya jaringan komputer yang saling terkoneksi.  2. Sejarah perkembangan internet   Pada tahun 1957, Uni Sooviet meluncurkan satelit pertama, yaitu sputnik. Hal ini menimbulkan kekhawatiran Amerika Serikat akan terjadinya perang nuklir. Amerika mulai memikirkan dampak yang terjadi jika sebuah kota yang  menjadi tempat komputer pengendali rudal nuklir musuh, serta cara agar tetap dapat mengendalikan senjata nuklir musuh, serta cara agar tetap dapat mengendalikan senjata nuklir jika komputer peng

Latihan soal halaman 126 - 129

  A. Pilihan Ganda 1. Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk menerima input dari pengguna adalah A. persegi panjang B. gambar diamond C. jajar genjang D. lingkaran 2. Dalam flowchart, simbol yang digunakanuntuk menjalankan proses adalah A. persegi panjang B. gambar diamond C. jajar genjang D. lingkaran 3. Peryataan yang tidak benar tentang pseudocode adalah A. salah satu bentuk penulisan algoritma B. tidak mewakili salah satu bahasa pemrograman C. cocok digunakan untuk algortima dalam banyak percabangan D. dituliskan dalam bentuk baris demi baris dengan setiap baris mewakilli satu langkah 4. Variabel digunakan dalam suatu program untuk A. menyimpan nilai yang bersifat dinamis B. menyimpan nilai penting C. menyimpan nilai yang tidak berubah D. menyimpan nilai yang besar 5. Berikut yang tidak benar tentang variabel adalah A. hanya digunakan untuk menyimpan nilai numerik B. dapat menyimpan nilai YES atau NO C. dapat menyimpan nilai yang besar D. dapat digunakan dalam persmaan matema

Hari pertama masuk sekolah

Assalamualaikum nama saya Maheswari Keynar Nimpuna biasa dipanggil Keynar saya dari kelas 8A, saya berasal dari SMP Labschool Jakarta di rawamangun tepatnya di sebelah UNJ. Disini saya akan menceritakan hari pertama masuk sekolah via online dan menjelaskan aplikasi yang saya pakai selama belajar online. Zoom adalah aplikasi untuk mengadakan pertemuan secara online, biasanya sekolah mengadakan pembelajaran melalui zoom. Google classroom adalah aplikasi yang biassanya untuk mengerjakan tugas atau mengumpulkan tugas sekolah. Di hari pertama sekolah online tanggal 13 Juli saya bangun jam 05:30 untuk siap siap sekolah online, sekolahnya dimulai dari jam 6:40 sampai jam 12:00. Saat jam pertama  dimulai ada perkenalan dulu dengan guru wali kelas, setalah perkenalan kita diberi waktu istirahat dari jam 08:25 sampai 09:00. Lalu kita lanjut belajar Bahasa Indonesia gurunya pak Humaedi. Setelah B.Indo kita belajar prakarya sama bu Titin. Dihari pertama sekolah ini sangat seru karena gurunya banya