Tugas Algoritma
Pertanyaan
1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perlindungan algoritma?
2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!
3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya!
4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap!
5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya!
6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch!
7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks!
8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind!
9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan!
10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind.
Jawaban
1. Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk erhitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
2. -Cara deskripsi, yaitu penulisan algoritma menggunakan bahasa deskripsi. Cara ini terdiri dari tiga bagian yaitu judul, deklarasi, dan deskripsi
-Bagian alir atau flowchart merupakan penuisan algoritma bedasarkan notasi grafis dalam bentuk bagan urutan.
3. caranya : Jalankan promgram RoboMind. Untuk memilih map yang sesuai, dari menu file, klik perintah Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan. Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini Open Area. Pada Program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R. Tambahkan Forward (3), Left, Forward (8), Right.Tambahkan huruf I, PaintWhite, Forward (2), dan StopPainting. Tambahkan Right, Forward (2), Left, dan Backward (2). Tambhakan huruh A dan A ( ). Tambahkan program - program selanjutnya dengan huruf yang ingin kamu tulis dengan aturan - aturan kode seperti tadi. Untuk melihat apakah kode berjalan dengan baik, tampilkan program tersebut. Jika program sudah berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu
4. Variable adalah sebuah tempat menyimpan sebuah nilai. sementara tipe data adalah jenis nilai yang akan tersimpan dalam variable.
5. Pembuatan variable atau deklarasi variable di C++ dapat kita lakukan seperti ini :
String nama; int umur;char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variablenya. Variable-variable di atas akan menyimpan nilai null (kosong), Karena belum kita isi, kita juga dapat membuat variable dengan mengisinya langsung.
6. Boolean, nomor, dan string
Penjelasan :
Data di scratch sama saja dengan variable yang dapat digunakan dalam bahasa pemrograman
Boolean : Pilihan benar atau tidak benar
Nomor : Integer atau angla bulat
String : Huruf
7. - Tipe data Numerik / Angka adalah data yang terdiri dari angka (0 - 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika
- Tipe data Alpha / Teks adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A - Z, a-z), Simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 - 9) yang tidak akan diproses secara matematika.
10. Start
Move'posisi awal
Write B
Move'posisi awal
Write A
Move'posisi awal
Write L
Move'posisi awal
Write Q
Move'posisi awal
Write I
Move'posisi awal
Write S
Comments
Post a Comment