Skip to main content

Tugas Essay Algoritma








 Tugas Algoritma

Nama : Maheswari Keynar Nimpuna /17
Kelas : 8A

Pertanyaan

1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perlindungan algoritma? 

2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya! 

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap! 

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya! 

6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch! 

7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks! 

8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind! 

9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan! 

10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind. 


Jawaban

1. Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk erhitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.


2. -Cara deskripsi, yaitu penulisan algoritma menggunakan bahasa deskripsi. Cara ini terdiri dari tiga bagian yaitu judul, deklarasi, dan deskripsi

-Bagian alir atau flowchart merupakan penuisan algoritma bedasarkan notasi grafis dalam bentuk bagan urutan.


3. caranya : Jalankan promgram RoboMind. Untuk memilih map yang sesuai, dari menu file, klik perintah Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan. Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini Open Area. Pada Program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R. Tambahkan Forward (3), Left, Forward (8), Right.Tambahkan huruf I, PaintWhite, Forward (2), dan StopPainting. Tambahkan Right, Forward (2), Left, dan Backward (2). Tambhakan huruh A dan A ( ). Tambahkan program - program selanjutnya dengan huruf yang ingin kamu tulis dengan aturan - aturan kode seperti tadi. Untuk melihat apakah kode berjalan dengan baik, tampilkan program tersebut. Jika program sudah berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu


4.    Variable adalah sebuah tempat menyimpan sebuah nilai. sementara tipe data adalah jenis nilai yang akan tersimpan dalam variable.



5.  Pembuatan variable atau deklarasi variable di C++ dapat kita lakukan seperti ini :

     

    String nama; int umur;char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variablenya. Variable-variable di atas akan menyimpan nilai null (kosong), Karena belum kita isi, kita juga dapat membuat variable dengan mengisinya langsung. 


 


6. Boolean, nomor, dan string

Penjelasan :

 

Data di scratch sama saja dengan variable yang dapat digunakan dalam bahasa pemrograman


Boolean : Pilihan benar atau tidak benar

Nomor : Integer atau angla bulat

String : Huruf



7. - Tipe data Numerik / Angka adalah data yang terdiri dari angka (0 - 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika


- Tipe data Alpha / Teks adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A - Z, a-z), Simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 - 9) yang tidak akan diproses secara matematika.



8. #character 'A'
PaintWhite( )

forward (2)  
Right ( )
Forward (1)
Right ()
Forward (2)
Backward (1)
Right ()
Forward (1)

 


9. Tipe data Boolean merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai : TRUE (benar) atau FALSE (salah).

 

Turbo Pascal Windows memiliki tiga macam jenis yaitu : Boolean, WordBool, dan LongBool. Tipe Boolean memakai memori paling kecil, sedangkan WorldBool dan LongBool di pakai untuk menuls program yang sesuai dengan lingkungan Windows.



10. Start

Move'posisi awal

Write B

Move'posisi awal

Write A

Move'posisi awal

Write L

Move'posisi awal

Write Q

Move'posisi awal

 Write I

Move'posisi awal

Write S









Comments

Popular posts from this blog

Rangkuman Bab 1

Menggunakan Jaringan Komputer dan Internet A. Internet Dan Jaringan Komputer Internet telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Internet dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bisnis, pendidikan, sosial, pemerintahan, kesehatan, dan sebagainya 1. mengenal Internet Internet adalah suatu sistem jaringan terinterkoneksi yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protokol TCP/IP. Internet berasalh dari kata interconnected-networking yang artinya jaringan komputer yang saling terkoneksi.  2. Sejarah perkembangan internet   Pada tahun 1957, Uni Sooviet meluncurkan satelit pertama, yaitu sputnik. Hal ini menimbulkan kekhawatiran Amerika Serikat akan terjadinya perang nuklir. Amerika mulai memikirkan dampak yang terjadi jika sebuah kota yang  menjadi tempat komputer pengendali rudal nuklir musuh, serta cara agar tetap dapat mengendalikan senjata nuklir musuh, serta cara agar tetap dapat mengendalikan senjata nuklir jika komputer peng

Latihan soal halaman 126 - 129

  A. Pilihan Ganda 1. Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk menerima input dari pengguna adalah A. persegi panjang B. gambar diamond C. jajar genjang D. lingkaran 2. Dalam flowchart, simbol yang digunakanuntuk menjalankan proses adalah A. persegi panjang B. gambar diamond C. jajar genjang D. lingkaran 3. Peryataan yang tidak benar tentang pseudocode adalah A. salah satu bentuk penulisan algoritma B. tidak mewakili salah satu bahasa pemrograman C. cocok digunakan untuk algortima dalam banyak percabangan D. dituliskan dalam bentuk baris demi baris dengan setiap baris mewakilli satu langkah 4. Variabel digunakan dalam suatu program untuk A. menyimpan nilai yang bersifat dinamis B. menyimpan nilai penting C. menyimpan nilai yang tidak berubah D. menyimpan nilai yang besar 5. Berikut yang tidak benar tentang variabel adalah A. hanya digunakan untuk menyimpan nilai numerik B. dapat menyimpan nilai YES atau NO C. dapat menyimpan nilai yang besar D. dapat digunakan dalam persmaan matema

Hari pertama masuk sekolah

Assalamualaikum nama saya Maheswari Keynar Nimpuna biasa dipanggil Keynar saya dari kelas 8A, saya berasal dari SMP Labschool Jakarta di rawamangun tepatnya di sebelah UNJ. Disini saya akan menceritakan hari pertama masuk sekolah via online dan menjelaskan aplikasi yang saya pakai selama belajar online. Zoom adalah aplikasi untuk mengadakan pertemuan secara online, biasanya sekolah mengadakan pembelajaran melalui zoom. Google classroom adalah aplikasi yang biassanya untuk mengerjakan tugas atau mengumpulkan tugas sekolah. Di hari pertama sekolah online tanggal 13 Juli saya bangun jam 05:30 untuk siap siap sekolah online, sekolahnya dimulai dari jam 6:40 sampai jam 12:00. Saat jam pertama  dimulai ada perkenalan dulu dengan guru wali kelas, setalah perkenalan kita diberi waktu istirahat dari jam 08:25 sampai 09:00. Lalu kita lanjut belajar Bahasa Indonesia gurunya pak Humaedi. Setelah B.Indo kita belajar prakarya sama bu Titin. Dihari pertama sekolah ini sangat seru karena gurunya banya