Skip to main content

Tugas Essay Algoritma








 Tugas Algoritma

Nama : Maheswari Keynar Nimpuna /17
Kelas : 8A

Pertanyaan

1. Apakah yang dimaksud algoritma dan perlindungan algoritma? 

2. Ada 2 cara yg dapat digunakan untuk menuliskan algoritma. Sebutkan kedua cara tersebut dan jelaskan dengan benar!

3. Bagaimana cara memprogram robot? Jelaskan proses algoritmanya! 

4. Apa yang dimaksud dengan variabel dan tipe data? Jelaskan dengan lengkap! 

5. Bagaimana cara menggunakan variabel dalam sebuah program? Jelaskan langkah algoritmanya! 

6. Jelaskan tiga tipe data yang dapat digunakan di scratch! 

7. Jelaskan perbedaan antara tipe data numerik dengan teks! 

8. Tuliskan algoritma untuk menuliskan namamu menggunakan RoboMind! 

9.Jelaskan tujuan tipe data boolean digunakan! 

10.Tuliskan kode program untuk menuliskan inisial namamu menggunakan RoboMind. 


Jawaban

1. Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk erhitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.


2. -Cara deskripsi, yaitu penulisan algoritma menggunakan bahasa deskripsi. Cara ini terdiri dari tiga bagian yaitu judul, deklarasi, dan deskripsi

-Bagian alir atau flowchart merupakan penuisan algoritma bedasarkan notasi grafis dalam bentuk bagan urutan.


3. caranya : Jalankan promgram RoboMind. Untuk memilih map yang sesuai, dari menu file, klik perintah Open Map. Kotak dialog akan ditampilkan. Pilihlah Map yang sesuai, dalam hal ini Open Area. Pada Program ini, beberapa huruf akan digunakan secara berulang, seperti huruf A, M, dan R. Tambahkan Forward (3), Left, Forward (8), Right.Tambahkan huruf I, PaintWhite, Forward (2), dan StopPainting. Tambahkan Right, Forward (2), Left, dan Backward (2). Tambhakan huruh A dan A ( ). Tambahkan program - program selanjutnya dengan huruf yang ingin kamu tulis dengan aturan - aturan kode seperti tadi. Untuk melihat apakah kode berjalan dengan baik, tampilkan program tersebut. Jika program sudah berjalan dengan baik, simpanlah pekerjaan kamu


4.    Variable adalah sebuah tempat menyimpan sebuah nilai. sementara tipe data adalah jenis nilai yang akan tersimpan dalam variable.



5.  Pembuatan variable atau deklarasi variable di C++ dapat kita lakukan seperti ini :

     

    String nama; int umur;char jenis_kelamin; Tipe datanya ditulis terlebih dahulu, lalu diikuti dengan nama variablenya. Variable-variable di atas akan menyimpan nilai null (kosong), Karena belum kita isi, kita juga dapat membuat variable dengan mengisinya langsung. 


 


6. Boolean, nomor, dan string

Penjelasan :

 

Data di scratch sama saja dengan variable yang dapat digunakan dalam bahasa pemrograman


Boolean : Pilihan benar atau tidak benar

Nomor : Integer atau angla bulat

String : Huruf



7. - Tipe data Numerik / Angka adalah data yang terdiri dari angka (0 - 9), waktu dan tanggal yang dapat diproses secara matematika


- Tipe data Alpha / Teks adalah tipe data berupa teks seperti huruf (A - Z, a-z), Simbol (*, ^, $, %, #, @, dll) dan angka (0 - 9) yang tidak akan diproses secara matematika.



8. #character 'A'
PaintWhite( )

forward (2)  
Right ( )
Forward (1)
Right ()
Forward (2)
Backward (1)
Right ()
Forward (1)

 


9. Tipe data Boolean merupakan tipe data logika, yang berisi dua kemungkinan nilai : TRUE (benar) atau FALSE (salah).

 

Turbo Pascal Windows memiliki tiga macam jenis yaitu : Boolean, WordBool, dan LongBool. Tipe Boolean memakai memori paling kecil, sedangkan WorldBool dan LongBool di pakai untuk menuls program yang sesuai dengan lingkungan Windows.



10. Start

Move'posisi awal

Write B

Move'posisi awal

Write A

Move'posisi awal

Write L

Move'posisi awal

Write Q

Move'posisi awal

 Write I

Move'posisi awal

Write S









Comments

Popular posts from this blog

Liburan ramadhan

haloo, hari ini aku akan menceritakan libur lebaran ku yang menyenangkan. di hari pertma lebaran aku ke rumah nenek aku dan banyak sekali tamu yang berdatangan, disana aku asik mengobrol dan lain lain. Setelah dari rumah nenek aku, aku lanjut ke rumah bude aku di Bintaro, aku paling suka kalau lebaran itu ke bintaro, karena seru aja daerah sekitar bintaro, biasanya kalau kesana aku juga sekalian ke rumah kakek aku, di hari pertama lebaran cukup menyenangkan dan seru walaupun capek. beberapa hari kemudian aku dan keluarga ku ikut berkumpul dirumah saudaraku, disana rame sekali walaupun cuacanya panas suasananya seru banget, disana aku hanya bermain sama sepupu aku dan makan, setelah dari rumah saudara, aku dan keluarga ku lanjut ke rumah ibunya nenek aku, tp kita tidak lama lama disitu, lalu setelah itu aku dan keluargaku pulang. setelah lebaran berakhir aku dan keluargaku hanya dirumah saja, dan kalau kita pergi biasanya hanya ke supermarket dan mall. sekian liburan selama lebaran aku

Kegiatan Isra Miraj

Pada Tanggal 19 Maret 2021 SMP Labschool mengadakan acara untuk memperingati Isra Miraj, dengan tema "Isra Miraj sebagai peguat keimanan dan kepedulian sesama di tengah pandemi".Acara ini dihadiri oleh Ustad Usaid Faturrahman, dan diikuti oleh siswa kelas 7,8,9 serta guru-guru SMP Labschool Jakarta. Acara ini dimulai pada pukul 07:20 sampai pukul 09:10. Acara dimulai dengan pembukaan pada pukul 07:30 sampai dengan 07:35, setelah itu ada pembacaan Al-Quran pada pukul 07:35 sampai pukul 07:40, selanjutnya ada sambutan dari ketua POMG, Kepala sekolah SMP Labschool Jakarta, dan Kepala BPS.Pada pukul 07:55 sampai 08:00 ada acara hiburan, Ceramah pun dimulai pada pukul 08:00 sampai 09:00, Ustad Faiturrahman Menceritakan mengenai perjuangan Nabi MUhammad dalam perjalanan menuju langit ke tujuh dalam waktu semalam, selesai ceramah diadakan sesi tanya jawab. Dan kegiatan pada pukul 09:00 sampai pukul 09:10 adalah doa, penutupan, dan info-info.

algoritma dasar bab 2

Algoritma Apa itu Algoritma? “Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata logis merupakan kata kunci dalam algoritma. Langkah-langkah dalam algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Dalam beberapa konteks, algoritma adalah spesifikasi urutan langkah untuk melakukan pekerjaan tertentu. Pertimbangan dalam pemilihan algoritma adalah, pertama, algoritma haruslah benar. Artinya algoritma akan memberikan keluaran yang dikehendaki dari sejumlah masukan yang diberikan. Tidak peduli sebagus apapun algoritma, kalau memberikan keluaran yang salah, pastilah algoritma tersebut bukanlah algoritma yang baik. Pertimbangan kedua yang harus diperhatikan adalah kita harus mengetahui seberapa baik hasil yang dicapai oleh algoritma tersebut. Hal ini penting terutama pada algoritma untuk menyelesaikan masalah yang memerlukan aproksimasi hasil (hasil yang hanya berupa pendekatan). Algoritma yang baik ha...